• Posted by : Ariel Nicho Mar 24, 2013

    Menetapkan Sasaran
    Penting kita menentukan sasaran yang realistis bagi pembelajar. Penting pula pembelajar dilibatkan ke penyusunan sasaran ini. Sering guru harus mengubah pengharapan karena pembelajar tidak siap memenuhi pengharapan dan sasaran yang ditentukan oleh guru.

    Tips Menetapkan Sasaran
    Prioritas
    Setiap orang, termasuk anak-anak, selalu memiliki terlalu banyak hal untuk dilakukan. Kita dikelilingi oleh pilihan dan keputusan setiap harinya, karena itu perlu ada prioritas. Bagi beberapa orang, penentuan prioritas itu sulit dan perlu mendapat pelatihan penentuan prioritas. Ketika siswa memiliki daftar hal yang harus dicapainya, sulit baginya memutuskan apa yang harus dilakukan Iebih dahulu dan apa yang kurang penting. Kesulitan ini dapat terjadi pada tugas harian dan juga bidang studi khusus (seperti menulis esai). Penting bahwa anak perlu dihadapkan pada dilema yang mengharuskan pengambilan keputusan dan dapat memraktikkan penentuan prioritas atas tugas yang berbeda-beda yang harus dikerjakan. Penentuan pritoritas ini dapat dilakukan menurut tugas harian atau tugas mingguan.


    TUGAS PRIORITAS HARIAN

    Bersama dengan anak-anak, buatlah daftar semua hal yang harus dikerjakan selama sehari termasuk pada malam hari. Mintalah mereka mengurutkan 1, 2, atau 3 (1 untuk pekerjaan yang sangat penting dan 3 kurang penting), dan kemudian buatlah daftar semua item. Lalu, mereka harus menulis daftar ini menurut mana yang penting.

                Hal sama dapat dilakukan untuk daftar mingguan yang akan berbeda karena memasukkan akhir pekan juga.

    Tindakan penentuan prioritas membantu memerjelas pikiran mengenai tugas-tugas saling bertabrakan yang harus diselesaikan dan penentuan prioritas ini memungkinkan siswa berfokus sepenuhnya pada tugas yang harus dikerjakan dan tidak mengkhawatirkan tugas lain yang juga harus dikerjakan.

    Perencanaan dan penentuan prioritas
    Salah satu manfaat penentuan prioritas ketika mengerjakan tugas adalah kegiatan ini membantu pengurutan dan juga perencanaan berbagai kegiatan yang harus dijalankan. Contoh berikut memberikan petunjuk tentang penentuan prioritas ketika melakukan persiapan menulis esai, dengan membaca buku pelajaran utama. Gagasannya adalah dengan mengerjakan satu aspek pada satu waktu Anda terbebas dari beban mengingat dan tindakan ini membuat tugas menjadi lebih ringan.

    Penundaan
    Jangan takut menunda pekerjaan yang seharusnya Anda kerjakan. Penundaan ini merupakan bagian dari seni penentuan prioritas. Jika menunda sesuatu Anda harus memberinya skala waktu kasar--misalnya, 'minggu depan' atau 'setelah saya mengerjakan ini...' tetapi penting untuk mencatat penundaan ini agar Anda dapat mengingat bahwa pekerjaan ini masih harus diselesaikan.


    Membaca Daftar Prioritas Buku Pelajaran Utama

    1. Mencatat kata kunci.
    2. Membuat daftar orang atau tempat.
    3. Membaca seluruh isi dan daftar indeks.
    4. Berpikir mendalam mengenai ikhtisar buku.
    5. Membuat garis besar kasar isi buku.
    6. Membaca judul bab untuk mendapatkan ikhtisar bab bersangkutan.
    7. Membaca pendahuluan dan rangkuman.




    Tindakan
    Sasaran hanya dapat diraih jika sasaran tersebut ditindaklanjuti. Karena itu penting bahwa sasaran yang Anda tentukan dapat diraih dan bahwa sasaran tersebut dapat dikerjakan. Tindakan, bukannya perencanaan yang dapat mencapai sasaran. Akan tetapi, perencanaan yang realistis dan dapat diraih harus ditentukan.

    Pemonitoran
    Pemonitoran signifikan untuk dilakukan karena monitor dapat memastikan Anda bahwa Anda berada di jalur semestinya dan dapat menjadi alat bantu untuk mengingat. Akan sangat membantu ketika membuat lembar perencanaan kita membuat kolom untuk memonitor kemajuan, misalnya:

    Penghargaan
    Salah satu faktor paling penting dalam penentuan prioritas adalah motivasi karena motivasi membantu pencapaian prestasi yang pada gilirannya membantu memudahkan beban mengingat. Artinya, ada sedikit saja hal yang harus diingat untuk dilakukan. Dua faktor kunci motivasi adalah umpan balik dan penghargaan. Akan sangat bermanfaat untuk memberikan umpan balik ke dalam setiap pengalaman pembelajaran dan umpan balik harus menonjolkan sisi positif. Saran untuk kemajuan harus diungkapkan dengan cara konstruktif yang dapat dilakukan dengan, pertama, menyatakan apa yang telah dicapai siswa dan kemudian, berlanjut ke membahas perbaikan atas pencapaian ini. Upaya ini dilakukan dalam bentuk saran.





    Sekian dulu pemberitahuan dari saya..
    See you in my next pages..
    Bye gan..!!


    *jangan lupa komentarnya ya gan.. :D

    -=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
    DAFTAR ISI :

    0 comments

    Peraturan yang harus diikuti ketika membuat komentar :
    1. Tidak Membuat Link Aktif
    2. Tidak SPAM
    3. Menggunakan Bahasa Yang Sopan
    4. Tidak Berhubungan Dengan SARA, Seks, dan Judi

    Selamat Berkomentar..
    Terima Kasih Atas Kerjasamanya.. ^_^

    Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show Emoticon

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    ANS Home Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan