- Home>
- Memotivasi Siswa Di Kelas >
- Tips Menetapkan Sasaran
Posted by : ANS-Home
Mar 24, 2013
Menetapkan
Sasaran
Penting kita menentukan sasaran yang realistis bagi
pembelajar. Penting pula pembelajar dilibatkan ke penyusunan sasaran ini.
Sering guru harus mengubah pengharapan karena pembelajar tidak siap memenuhi
pengharapan dan sasaran yang ditentukan oleh guru.
Tips Menetapkan Sasaran
○Prioritas
Setiap orang, termasuk anak-anak, selalu memiliki
terlalu banyak hal untuk dilakukan. Kita dikelilingi oleh pilihan dan keputusan
setiap harinya, karena itu perlu ada prioritas. Bagi beberapa orang, penentuan
prioritas itu sulit dan perlu mendapat pelatihan penentuan prioritas. Ketika
siswa memiliki daftar hal yang harus dicapainya, sulit baginya memutuskan apa
yang harus dilakukan Iebih dahulu dan apa yang kurang penting. Kesulitan ini
dapat terjadi pada tugas harian dan juga bidang studi khusus (seperti menulis
esai). Penting bahwa anak perlu dihadapkan pada dilema yang mengharuskan
pengambilan keputusan dan dapat memraktikkan penentuan prioritas atas tugas
yang berbeda-beda yang harus dikerjakan. Penentuan pritoritas ini dapat
dilakukan menurut tugas harian atau tugas mingguan.
TUGAS PRIORITAS HARIAN
Bersama dengan anak-anak, buatlah daftar semua hal yang harus dikerjakan selama sehari termasuk pada malam hari. Mintalah mereka mengurutkan 1, 2, atau 3 (1 untuk pekerjaan yang sangat penting dan 3 kurang penting), dan kemudian buatlah daftar semua item. Lalu, mereka harus menulis daftar ini menurut mana yang penting.
Hal sama dapat dilakukan untuk daftar mingguan yang akan berbeda karena memasukkan akhir pekan juga.
Tindakan penentuan prioritas membantu memerjelas
pikiran mengenai tugas-tugas saling bertabrakan yang harus diselesaikan dan
penentuan prioritas ini memungkinkan siswa berfokus sepenuhnya pada tugas yang
harus dikerjakan dan tidak mengkhawatirkan tugas lain yang juga harus
dikerjakan.
○Perencanaan dan
penentuan prioritas
Salah satu manfaat penentuan prioritas ketika
mengerjakan tugas adalah kegiatan ini membantu pengurutan dan juga perencanaan
berbagai kegiatan yang harus dijalankan. Contoh berikut memberikan petunjuk
tentang penentuan prioritas ketika melakukan persiapan menulis esai, dengan
membaca buku pelajaran utama. Gagasannya adalah dengan mengerjakan satu aspek
pada satu waktu Anda terbebas dari beban mengingat dan tindakan ini membuat
tugas menjadi lebih ringan.
○Penundaan
Jangan takut menunda pekerjaan yang seharusnya Anda
kerjakan. Penundaan ini merupakan bagian dari seni penentuan prioritas. Jika
menunda sesuatu Anda harus memberinya skala waktu kasar--misalnya, 'minggu
depan' atau 'setelah saya mengerjakan ini...' tetapi penting untuk mencatat
penundaan ini agar Anda dapat mengingat bahwa pekerjaan ini masih harus
diselesaikan.
Membaca Daftar Prioritas Buku Pelajaran Utama1. Mencatat kata kunci.2. Membuat daftar orang atau tempat.3. Membaca seluruh isi dan daftar indeks.4. Berpikir mendalam mengenai ikhtisar buku.5. Membuat garis besar kasar isi buku.6. Membaca judul bab untuk mendapatkan ikhtisar bab bersangkutan.7. Membaca pendahuluan dan rangkuman.
○Tindakan
Sasaran hanya dapat diraih jika sasaran tersebut
ditindaklanjuti. Karena itu penting bahwa sasaran yang Anda tentukan dapat
diraih dan bahwa sasaran tersebut dapat dikerjakan. Tindakan, bukannya
perencanaan yang dapat mencapai sasaran. Akan tetapi, perencanaan yang realistis
dan dapat diraih harus ditentukan.
○Pemonitoran
Pemonitoran signifikan untuk dilakukan karena
monitor dapat memastikan Anda bahwa Anda berada di jalur semestinya dan dapat
menjadi alat bantu untuk mengingat. Akan sangat membantu ketika membuat lembar
perencanaan kita membuat kolom untuk memonitor kemajuan, misalnya:
○Penghargaan
Salah satu faktor paling penting dalam penentuan
prioritas adalah motivasi karena motivasi membantu pencapaian prestasi yang
pada gilirannya membantu memudahkan beban mengingat. Artinya, ada sedikit saja
hal yang harus diingat untuk dilakukan. Dua faktor kunci motivasi adalah umpan
balik dan penghargaan. Akan sangat bermanfaat untuk memberikan umpan balik ke
dalam setiap pengalaman pembelajaran dan umpan balik harus menonjolkan sisi
positif. Saran untuk kemajuan harus diungkapkan dengan cara konstruktif yang
dapat dilakukan dengan, pertama, menyatakan apa yang telah dicapai siswa dan
kemudian, berlanjut ke membahas perbaikan atas pencapaian ini. Upaya ini
dilakukan dalam bentuk saran.
Sekian dulu pemberitahuan dari
saya..
See you in my next pages..
Bye gan..!!
*jangan lupa komentarnya ya gan.. :D
See you in my next pages..
Bye gan..!!
*jangan lupa komentarnya ya gan.. :D
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
DAFTAR ISI :
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments
1. Tidak Membuat Link Aktif
2. Tidak SPAM
3. Menggunakan Bahasa Yang Sopan
4. Tidak Berhubungan Dengan SARA, Seks, dan Judi
Selamat Berkomentar..
Terima Kasih Atas Kerjasamanya.. ^_^
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show Emoticon Hide Emoticon